Multicursor - Working In Background
Powered by Blogger.

...........................................................

...........................................................

Pengertian Seni dari para pakar terkemuka

Pengertian seni sangatlah penting untuk dipahami apabila kita belajar seni. Seorang seniman mungkin memiliki pengertian dan pemahamannya sendiri tentang seni dan itu bisa saja berbeda dengan seniman atau orang-orang lain. Namun kita dapat mempelajari pengetian seni dari para ahlinya yang menjelaskan dengan gamblang apa makna seni tersebut. Kita bisa belajar dari Ki Hajar Dewantara, Akhdiat Karta Miharja, Prof. Drs. Suwaji Bastomi, Drs. Sudarmaji yang mana mereka adalah para pemerhati seni dan cendekiawan.
Pengertian Seni dapat dibagi menjadi pengertian secara bahasa dan istilahnya. Seni dapat dipahami dari bahasa Sansekerta dimana kata Sani bermakna pemujaan, persembahan, dan pelayanan. Kata Sani tersebut berhubungan erat dengan upacara keagamaan yang disebut kesenian. Seni seringkali dikaitkan dengan nilai estetika atau keindahan. Tidak mengherankan memang karena nilai estetika tersebut termasuk ada dalam unsur seni, yang mengandung keindahan terkadang kita sebut memiliki nilai seni tinggi.
pengertian seni dari para ahlinya
Beberapa pendapat tentang seni muncul dari beberapa tokoh seperti yang telah saya sebutkan di atas. Ki Hajar Dewantara menyebutkan bahwa Seni adalah perbuatan manusia yang timbul dari hidupnya, perasaan, dan bersifat indah sehingga dapat menggetarkan jiwa perasaan manusia. Sedangkan menurut Akhdiat Karta Miharja, Seni adalah kegiatan rohani manusia yang merefleksikan kenyataan dalam suatu karya, bentuk, dan isinya mempunyai daya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam alam rohani. Pendapat-pendapat lainnya datang dari Pror. Drs. Suwaji Bastomi yang menyebutkan bahwa Seni merupakan aktivitas batin dengan pengalaman estetis yang dinyatakan dalam bentuk agung, mempunyai daya untuk membangkitkan rasa takjub dan haru. Semua pendapat tersebut memiliki nada yang serupa dan mirip dalam menggambarkan pengertian seni.
Secara umum kita dalam memahami bahwa seni adalah penggambaran kita tentang suatu hal melalui batin atau jasmani kita yang dinyatakan dalam suatu karya nyata dimana kita menuangkan kekaguman dan persepsi kita tentang suatu hal. Seni tidak bisa lepas dari produknya yaitu karya seni. Karena kita baru bisa menikmati seni setelah seni tersebut diwujudkan dalam suatu karya konkrit.
Kita pasti sudah tahu lukisan fenomenal Leonardo Da Vinci yang berjudul Monalissa. Senyuman Monalissa menjadi begitu menarik karena banyak ahli seni membicarakan misteri di balik lukisan Monalissa. Karya seni yang diapresiasi tersebut menunjukan bahwa senimannya mampu menghadirkan bentuk karya seni yang dapat dinikmati sepanjang masa.   sekian mengenai pengertian seni dari para ahli

0 comments:

Post a Comment