Multicursor - Working In Background
Powered by Blogger.

...........................................................

...........................................................

Tiga Planet Ini Mirip Bumi




space.com

Ketiga planet yang mengorbit Gliese 667C
Intisari-Online.com - Tiga planet "mirip" Bumi ditemukan di konstelasi Scorpius, 22 tahun cahaya dari Bumi. Ketiga planet itu mengorbit bintang Gliese 667C. Tata suryanya memiliki tujuh planet dan ketiga planet itu bisa mendukung adanya kehidupan. Atau lebih bagus lagi, bisa jadi akan cocok untuk ditinggali manusia.
Para astronom percaya bahwa ketiga planet itu bisa ditinggali sebab dari segi jarak cukup. Temperatur nyaman dan ada air. Ketiga planet ini memiliki masa antara satu sampai sepuluh kali lebih besar dari masa Bumi. Diperkirakan ada atmosfer di ketiga planet tersebut. Astronom yang dipimpin oleh Dr Guillem Anglada-Escuda, dari University of Gottingen di Jerman menyatakan bahwa mereka mengidentifikasi tiga sinyal dari tata surya tersebut dan dengan observasi terbaru menyimpulkan ada tujuh planet.
Bintang Gliese 667C lebih kecil, redup, dan lebih dingin daripada matahari kita sehingga planet yang mengitarinya bisa ditinggali oleh manusia. Bintang bermasa rendah ada 80 persen di galaksi Bimasakti sehingga kemungkinan di masa depan akan lebih banyak planet "mirip" Bumi yang bisa kita temukan.
Hasil penemuan ini dirilis oleh European Southern Observatory, dan akan muncul di jurnal Astronomy & Astrophysics. Planetnya sendiri terlalu kecil untuk dilihat dengan teleskop, tetapi bisa dideteksi dengan melihat efek gravitasinya terhadap bintang. (The Independent)

0 comments:

Post a Comment